Air Terjun Coban Tundo Malang

Air Terjun Coban Tundo Malang

Air Terjun Coban Tundo MalangAir Terjun Coban Tundo telu, si nomor tiga yang alirannya paling deras.
Air Terjun Coban Tundo Malang merupakan satu dari ribuan air terjun yang ada di negeri dengan seribu air terjun, Malang. Malang memang dikenal menawarkan banyak air terjun dengan keindahan dan kisahnya masing-masing. Coban Tundo telu berlokadi di Desa Sidoasri, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Bagi wisatawan yang tertarik mengunjungi air terjun yang satu ini pastikan Anda membaca informasi di bawah ini.

Coban Tundo Telu
Air Terjun Coban Tundo Malang merupakan satu dari 47 lokasi wisata yang berada di wilayah Perhutani dan sudah dibuka untuk umum. Air Terjun ini pertama kali dibuka pada Desembar 2015 dan dikelola oleh Perhutani dan LMDH desa setempat. Namun, pada awal Februari 2016 lokasi ini sempat ditutup karena terjadinya banjir bandang di Coban Rondo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Lalu Coban Tundo Telu dibuka kembali pada 8 April 2016 yang lalu.

Baca juga: Air Terjun Coban Pelangi Malang

Rute ke Coban Tundo Malang
Jika dari kota Malang, maka Coban Tundo Telu berjarak sekitar 75 KM atau 2 jam 30 menit perjalanan. Wisatawan bisa menggunakan transportasi darat berupa kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Setelah melewati pintu masuk lokasi wisata, wisatawan harus memarkirkan kendaraan pribadinya. Ada perbedaan jika Anda mengendarai mobil dan motor.

Jika Anda mengendarai motor, maka perjalanan bisa dilanjutkan hingga lokasi parkir motor dekat air terjun. Sementara jika mengendarai mobil, maka kendaraannya harus diparkir terlebih dahulu lalu berjalan kaki melewati jalan setapak yang jaraknya cukup jauh. Namun, jika Anda mengedarai mobil dan malas untuk naik ke atas, maka Anda bisa menggunakan jasa tukang ojek untuk mengantarkan Anda hingga ke dekat air terjun.

Dari area parkir motor, Anda harus berjalan kaki ke air terjun dengan jarak sekitar 100 meter. Kawasan air terjun Coban Tundo sendiri berada di area Kebun Kopi dengan keindahan yang sungguh memesona. Meski harus berjalan cukup jauh dan melalui jalur yang terjal dan sempit, Anda tidak akan menyesal karena Anda bisa mengunjungi tiga air terjun sekaligus dengan keindahan yang luar biasa.

Aktivitas di Coban Tundo
Air terjun Coban Tundo sendiri sebenarnya memiliki tiga air terjun yang penamaannya menggunakan nomor dalam bahasa jawa, yaitu siji (satu), loro (dua) dan telu (tiga). Air Terjun Coban Tundo telu sendiri merupakan air terjun yang berada di urutan ketiga dan paling bawah dari dua coban sebelumnya. Meski lokasi Coban Tundo telu berada paling bawah, tapi air yang mengaliri batuan tebing terbilang paling tinggi dibandingkan dengan coban yang lainnya karena Coban Tundo sendiri memiliki ketinggian 20 meter.

Selain memilki pemandangan alam yang indah dengan pepohonan hijau dan bebatuan berukuran besar ternyata Coban Tundo telu juga memiliki kolam dengan air yang jernih dan bersih. Kolam yang letaknya tepat di bawah aliran air ini memiliki diameter sekitar 15-20meter dengan kedalaman 7 meter , meski terlihat cukup kecil dan tidak berbahanya. Tapi sebenarnya kolam ini memiliki pusaran arus yang sangat kuat, sehingga pihak pengelola melarang wisatawan untuk mandi di dalam kolam. Bahkan papan peringatan ini sudah dipasang di area air terjun.

Jadi meski tidak diperbolehkan berenang, tapi Anda masih bisa mendekat ke air terjun untuk terkena percikan air atau mengabadikannya dalam jepteran kamera dengan latar belakang panorama alam yang indah hingga duduk bersantai di dekat Air Terjun Coban Tundo telu.

Air Terjun Coban Tundo Malang

Bagaimana, cukup menarik bukan untuk obyek wisata Air Terjun Coban Tundo Malang ini. Saat liburan ke Malang anda boleh coba tempat wisata yang keren ini.

admin