Air Terjun Coban Talun Malang

Air Terjun Coban Talun Malang

Air Terjun Coban Talun MalangRasakan Eksotisme Air Terjun Coban Talun Malang, Jawa Timur.
Selain obyek wisata air terjun Coban Rondo, pernahkah Anda mendengar objek wisata bernama Air Terjun Coban Talun? Air terjun yang satu ini terletak di kawasan wisata Bumi Perkemahan Coban Talun di sekitar lereng Gunung Arjuna. Tepatnya berlokasi di Dusun Junggo, di wilayah Desa Tulungrejo, di Kecamatan Bumiaji, wilayah Kota Batu, Jawa Timur. Agar Anda bisa sampai ke objek wisata ini maka Anda harus menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 15 km dan bisa ditempuh sekitar 1,5 jam dari kota Malang. Untuk bisa kesana Anda dapat memanfaatkan angkot maupun kendaraan pribadi. Selama perjalanan ke lokasi wisata akan disuguhi pemandangan alam yang masih asri terdapat pula deretan pohon apel di sepanjang jalan yang Anda lewati.

Perjuangan untuk Menemukan Eksotisme
Sebelum Anda sampai di Air Terjun Coban Talun Malang, Anda harus terlebih dahulu melakukan perjalanan dari lokasi parkir dengan berjalan kaki dan menyebrangi dua aliran sungai karena medan yang kurang memungkinkan untuk dilalui kendaraan. Namun jangan berkecil hati dulu karena Anda akan menemukan hamparan hutan pinus yang begitu eksotis dan menyegarkan indra penglihatan kita. Namun Anda harus tetap hati-hati dan jangan lengah karena apabila kurang jeli maka bisa-bisa kaki Anda bisa tergelincir karena medan yang agak berlumpur dan menurun.

Untuk mempermudah sampai ke lokasi wisata Coban Talun, petugas sudah memasang tanda-tanda di sekitar area wisata. Waktu yang diperlukan untuk mencapai tempat tujuan adalah sekitar 30 hingga 60 menit perjalanan. Setelah menempuh sekitar sepertiga perjalanan Anda akan dihadirkan dua pilihan jalan, ya jalan ini memang bercabang. Jalan yang berada di sebelah kanan adalah jalan menuju air terjun Coban Talun sedangkan yang arahnya lurus adalah jalan yang menuju bagian bawah aliran sungai dari air terjun tersebut. Hal lain yang menarik minat wisatawan dari air terjun ini adalah adanya batu-batuan dari pegunungan yang ukuranya relatif sangat besar yang tentu mampu menambah kemegahan air terjun Coban Talun Malang ini.

Menemukan Keindahan Alam dari Air Terjun
Setelah Anda menempuh perjalanan yang cukup menantang seperti menyebrangi sungai dan melewati jalan yang menurun, maka rasa lelah dan penat Anda akan terbayar seketika ketika telah menemukan air terjun ini. Hawa yang sejuk dan suara gemericik aliran air akan meyambut kedatangan Anda. Airnya begitu segar dan dingin sehingga Anda dapat menyegarkan tubuh sembari menikmati karya Tuhan yang begitu luar biasa. Yang perlu diketahui adalah bila suasana langit sedang cerah dan tidak mendung, maka hempasan butiran air dari air terjun akan membiaskan cahaya matahari sehingga dari air terjun ini akan tampak seperti warna pelangi yang cantik. Warna pelangi ini bisa disaksikan pula di sekitar lokasi wisata, sungguh merupakan pemandangan yang eksotis bukan? Namun apabila turun hujan yang deras sebaiknya Anda segera menepi dari area air terjun karena dikhawatirkan adanya banjir.

Air Terjun Coban Talun Malang

Biaya yang harus dikeluarkan untuk menikmati eloknya air terjun Coban Talun Malang sangat ringan di kantong yaitu dipatok sebesar Rp 5.000,- per orang, sedangkan untuk biaya parkir kendaraan sekitar Rp 2.000,- (roda dua) dan Rp 4.000,- (roda empat). Perlu Anda ketahui juga bahwa bila ingin berkunjung ke lokasi ini sebaiknya Anda mengusahakan untuk tidak berkunjung pada musim kemarau karena biasanya debit air dari air terjun berkurang, sehingga pemandangan air terjun tidak dapat kita nikmati dengan maksimal. Bagaimana tertarik untuk mencoba? Ajaklah orang-orang terdekat Anda untuk menikmati eksotisme Air Terjun Coban Talun.

admin