Air Terjun Coban Rondo Malang

Air Terjun Coban Rondo Malang

Air Terjun Coban Rondo MalangAir Terjun Coban Rondo yang Memikat Hati.
Apakah Anda salah satu pecinta wisata air, terutama air terjun? Jika demikian maka tak ada salahnya Anda memasukkan Air terjun Coban Rondo Malang ke dalam daftar tujuan wisata Anda berikutnya. Wisata ini merupakan salah satu tujuan yang populer di kalangan wisatawan, terutama bagi Anda yang berada di daerah Malang, Jawa Timur tentunya sudah tidak asing lagi bila mendengar air terjun yang satu ini. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 84 meter dengan ketinggian 1.135 MDPL. Air terjun ini berasal dari mata air Cemoro Dudo yang berada di lereng Gunung Kawi.

Pemandangan air terjun yang menyejukkan menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap pengunjung yang melancong kesana. Anda dapat melihat guyuran air nan indah dari air terjun ini layaknya bentangan selendang tipis dewi kahyangan. Hal ini semakin didukung kondisi air terjun yang memiliki suasana sejuk serta dikelilingi oleh pegunungan yang masih asri.

Coban Rondo diliputi Legenda yang Menarik
Bila kita telusuri lebih jauh, ternyata terdapat cerita dibalik nama air terjun ini. Legenda ini menceritakan bahwa air terjun ini berawal dari kisah sepasang suami istri yang baru saja menikah, yaitu Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusuma, ketika usia pernikahan mereka baru saja memasuki usia 36 hari atau dalam bahasa Jawa dikenal dengan Selapan, sang istri mengajak suaminya untuk pergi ke rumah orang tuanya padahal pada saat itu dipercaya bahwa bila usia pernikahan masih sangat muda belum diperbolehkan untuk pergi ke daerah yang jauh.

Namun pada akhirnya Raden Baron Kusuma tetap menemani istrinya untuk pergi, di perjalanan ada seorang pemuda bernama Joko Lelono yang menaruh perasaan kepada Dewi Anjani, ia bahkan tidak peduli bila Dewi Anjani sudah bersuami. Kemudian untuk melindungi istrinya Raden Baron Kusuma bertarung melawan Joko Lelono, sedangkan istrinya diminta bersembunyi di sebuah tempat yang ternyata terdapat air terjunnya. Pada akhirnya pertarungan itu merenggut nyawa Raden Baron Kusuma dan Joko Lelono, sehingga Dewi Anjani menjadi seorang janda atau dalam bahasa Jawa disebut dengan rondo, maka sejak saat itulah air terjun tersebut dinamakan Air terjun Coban Rondo.

Aktivitas Menyenangkan Bersama Keluarga
Objek wisata ini terletak persis di desa Pandansari, Kecamatan Pujong, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Akses untuk menuju ke obyek wisata Air Terjun Coban Rondo Malang terbilang cukup mudah sehinggga Anda bisa menuju ke lokasi dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Bila kita berkunjung ke air terjun ini maka akan banyak aktivitas menyenangkan yang telah menunggu seperti adanya tracking ke Cuban Tengah bagi Anda yang memiliki hobi bertualang, tempat outdoor sebagai sarana perkemahan, wisata piknik untuk Anda sekeluarga, disediakan pula alat transportasi untuk mengelilingi area air terjun dengan sepeda gunung, kereta kelinci, maupun kuda. Terdapat pula beberapa wahana permainan seperti fun tubing, maupun paintball.

Di sini juga tersedia beragam warung makan, toko oleh-oleh, area parkir yang luas, serta tepat ibadah dan toilet umum. Bagi Anda yang masih betah dan masih enggan meninggalkan area air terjun ini disediakan pula fasilitas hotel maupun penginapan dengan harga bervariasi sesuai kebutuhan Anda.

Baca rekomendasi rafting di Malang: Kasembon Rafting

Air Terjun Coban Rondo Malang

Ketika Anda berwisata ke tempat ini jangan lupa untuk membawa penghangat badan seperti jaket maupun sarung tangan agar Anda tidak terlalu kedinginan. Di daerah ini juga dihuni oleh kawanan monyet sehingga pastikan Anda membawa barang-barang bawaan Anda dengan lebih aman. Selain itu patuhi juga beberapa peraturan yang sudah dibuat oleh pihak wisata seperti tidak diperbolehkannya mandi di area air terjun ini. Selamat menghabiskan waktu Anda di Air terjun Coban Rondo Malang.

admin