Air Terjun Coban Pelangi Malang

Air Terjun Coban Pelangi Malang

Air Terjun Coban Pelangi MalangAir terjun Coban Pelangi, satu dari banyak air terjun di Taman Nasional Bromo.
Air terjun Coban Pelangi merupakan satu dari ribuan air terjun yang ada di negeri seribu air terjun, Malang. Malang memang dikenal menawarkan banyak air terjun dengan keindahan dan kisahnya masing-masing. Coban Pelangi berlokasi di kaki Gunung Semeru atau tepatnya berada di Desa Gubugklakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Bagi wisatawan yang tertarik mengunjungi air terjun yang satu ini pastikan membaca informasi di bawah ini.

Coban Pelangi
Air Terjun Coban Pelangi Malang merupakan satu dari sejumlah air terjun yang berada kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Air Terjun ini pertama kali dibuka pada tahun 1980 dan dikelola oleh Perum Perhutani. Tidak ada yang khusus dari penamaan Coban Pelangi. Sebab air terjun ini sering membiaskan warna pelangi terutama ketika pagi hingga siang hari.

Baca juga: Air Terjun Coban Talun malang

Rute ke Coban Pelangi
Jika dari kota Malang maka Coban Pelangi berjarak sekitar 35 km, dan bisa dijangkau dengan beragam transportasi darat mulai dari kendaraan pribadi hingga kendaraan umum. Wisatawan yang berkunjung ke Coban Pelangi cukup dimanjakan dengan rute perjalanan yang mudah karena ada banyak petunjuk jalan. Sebab coban ini mudah kawasan wisata yang sering dikunjungi para pendaki Gunung Semeru.

Setelah melewati pintu masuk lokasi wisata Coban Pelangi yang berada di atas tebing dengan ketinggian sekitar 100 meter dan memarkirkan kendaraan pribadi di area parkir. Selanjutnya perjalanan sejauh 1,5 kilometer dilanjutkan dengan berjalan kaki. Wisatawan harus menyusuri jalan setapak yang menurun dan berkelok serta melintasi jembatan agar bisa sampai di lokasi air terjun.

Aktivitas di Coban Pelangi
Air Terjun Coban Pelangi Malang memiliki ketinggian sekitar 110 meter dengan debit air yang terbilang cukup deras. Wisatawan bisa sedikit mendekat ke air terjun agar bisa merasakan percikan air dingin. Jika tidak suka basah-basahan maupun hawa dingin dari air terjun yang berkisar 19-23 derajat celsius, wisatawan bisa melihat keindahan panorama alam sambil duduk di bangku pantau yang berada tidak jauh dari air terjun dan mengabadikannya dalam jepretan kamera.

Kebanyakan wisatawan yang datang kesini memang ingin melihat pembiasan sinar matahari karena titik-titik embun atau hujan yang biasa disebut sebagai pelangi. Untuk itu waktu terbaik untuk melihat pelangi di sini adalah pagi menuju siang antara pukul 10 hingga 14 karena kabut sering muncul serta ketika musim penghujan. Coban Pelangi memang kawasan wisata yang sudah tertata dengan baik sebab sudah disedikan beragam fasilitas penunjang yang sangat lengkap. Mulai dari tempat parkir untuk motor dan mobil kemudian gazebo, mushola, toilet hingga tempat sampah. Tidak hanya itu, di sini juga bisa dijadikan lokasi berkemah karena disedikan perkemahan dengan posisi yang dekat dengan sumber air.

Air Terjun Coban Pelangi Malang

Selain itu, selama berada di lokasi ini, wisatawan harus mematuhi tanda peringatan yang dipasang di dekat air terjun. Sebab kolam yang berada di bawah aliran air memiliki batu-batu berlumut yang licin, sehingga jika ada wisatawan yang mendekat kemudian terpeleset kemungkinan besar bisa mengalami kecelakaan. Mulai dari tertimpa longsoran batu/tanah dari atas hingga tenggelam tertimpa guyuran air dengan debit cukup besar. Tidak hanya itu ketika musim hujan biasanya pihak pengelola juga membatas jam kunjungan agar pengunjung tidak terkena banjir yang datang dari hulu pegunungan. Jadi selalu patuhi peraturan yang sudah dibuat oleh pihak pengelola Air terjun Coban Pelangi Malang.

admin