Air Terjun Blawan Bondowoso

Air Terjun Blawan Bondowoso

Air Terjun Blawan BondowosoBondowoso, Jaya Timur selalu menyajikan berbagai macam tempat wisata yang dapat kita nikmati keindahan alamnya, seperti contoh wisata Kawah Ijen, wisata Paralayang (Paragliding), Wisata Kawah Wurung dan lain sebagainya, kemudian untuk tempat lain yang patut untuk di kunjungi adalah Air Terjun Blawan Bondowoso. Air terjun ini memiliki ketinggian 30m dari dasar tanah yang terletak di desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Bondowoso ini merupakan merupakan hilir dari kali pahit, yang merupakan rembesan dari Kawah Ijen yang penuh dengan kadar belerang.

Air Terjun Blawan Bondowoso memang menjadi destinasi wisata yang masih terjaga ke alamiannya, sangat cocok sekali untuk anda pecinta alam yang sedang berkunjung ke Kawah Ijen. Karena lokasinya yang berada dekat kawah Ijen, air terjun ini sering kali menjadi wisata pembuka sebelum melakukan pendakian ke Kawah Ijen.

Ditempat ini ada suatu hal menarik dan unik yang perlu kita ketahui, yaitu air terjun ini mempunyai muara yang alirannya langsung menuju ke dalam tanah kemudian muncul kembali kepermukaan dan akan bermuara kembali di daerah Asembagus Situbondo. Selain itu disekitar air terjun terdapat sebuah kolam air panas mengandung belerang yang biasanya di gunakan oleh para pengunjung untuk merendam kaki mereka akibat kelelahan dalam perjalanan.

Aliran debit air terjun ini mengalir cukup deras, setiap air yang jatuh akan menimbulkan suara gemuruh cukup keras, sampai-sampai kita harus berteriak jika harus berbicara dengan lawan kita. Setiap tebing yang menjulang ke atas terdapat beberapa tanaman hijau yang tumbuh subur dan masih terjaga dengan baik.

Untuk sampai kelokasi air Terjun Blawan ini bisa dikatakan cukup mudah, apabila kamu sedang tinggal di hotel Catimor kamu hanya perlu berjalan kaki sejauh 1km dari hotel ke lokasi air terjun, kemudian pengujung harus melanjutkan perjalanan dengan melewati anak tangga sekitar 10 menit dan di ikuti dengan menuruni tangga yang di apit oleh 2 tebing. Usahakan ketempat ini harus menggunakan sandal gunung karena kamu harus melalui jalan berbatu yang licin penuh dengan lumut.

Baca juga: Daftar hotel di kawasan Gunung Ijen

Setelah tiba di lokasi air terjun para pengunjung hanya bisa menyaksikan dari sisi kanan saja, karena dari sisi lainnya hanya berupa tebing – tebing tinggi, Ditempat ini para pengunjung hanya bisa menikmati dan melihat keindahan air terjun saja tidak ada aktifitas untuk mandi di air terjun karena memang air yang jatuh langsung ke dasar tanah.

Selain para pengunjung bisa menikmati air terjun Blawan, mereka juga bisa berendam di kolam air hangat yang mengandung belerang, dan berada dekat dengan air terjun Blawan. kolam-kolam air hangat ini sengaja disediakan untuk disewakan bagi pengunjung yang telah melakukan pendakian dari kawah Ijen. Kolam – kolam ini konon menurut cerita dan legenda setempat bahwa kolam renang alami ini adalah tempat pemandian Dhamar Wulan, salah satu tokoh fenomenal dalam kisah Babad Tanah Jawa. Jika bagi siapa saja yang mandi ditempat ini maka mereka akan nampak awet muda. cukup menarik bukan.

Air Terjun Blawan Bondowoso

Mungkin itu saja ulasan tentang Air Terjun Blawan Bondowoso yang bisa kamu nikmati ketika sedang berliburan ke Kawah Ijen.