Agrowisata Petik Apel Batu Malang

Agrowisata Petik Apel Batu Malang

Agrowisata Petik Apel Batu MalangSerunya Panen Apel Sendiri di Wisata Petik Apel Batu, Malang.
Kota Batu Malang identik dengan berbagai macam tempat wisata baik itu wisata alami maupun wisata buatan. Saat sampai di kota ini, ciri khas pegunungan dengan hawa sejuk dan cuaca dingin sepanjang hari akan membuat kalian semakin betah berlama-lama tinggal di kota ini. Meski tidak lagi menjadi bagian dari kota Malang, pamor Kota Batu dalam hal wisata sama terkenalnya dengan Kota Malang.

Salah satu icon Kota Batu adalah buah apelnya. Dari situlah pemerintah setempat berinisiatif untuk membuka Wisata Petik Apel Batu sejak tahun 1991. Semenjak dibuka dan resmi sebagai tempat wisata, lokasi ini sudah ramai pengunjung baik dari dalam maupun luar kota Malang. Para wisatawan yang ingin membawa oleh-oleh khas Batu dengan cara memetik langsung dari perkebunannya, bisa mengunjungi agrowisata Petik Apel Batu Malang.

Saat pertama kali masuk ke obyek wisata yang satu ini, kalian akan disambut dengan layanan ramah pihak setempat sambil mencicipi welcoming drink dengan bahan dasar buah apel. Di sekitaran lokasi, banyak pula penjual oleh-oleh berbahan dasar apel seperti selai, keripik dan juga sari buah apel dalam kemasan botol. Dibandingkan dengan harga apel per kilogram di pasaran, harga apel di tempat ini lebih murah yaitu 15-25 ribu perkilogram yang ditetapkan sejak tahun 2015 silam.

Ngomong-ngomong mengenai buah apel, siapa sih orang Indonesia yang tidak kenal dengan buah yang satu ini, rasanya yang khas asam manis membuat buah yang didominasi warna hijau dan merah ini cukup digemari banyak orang. Di Indonesia, apel yang menjadi favorit adalah apel Malang. Malang khususnya kota Batu telah menjadi pusat industry buah apel yang terkenal di seluruh pelosok nusantara.

Di kota Batu, salah lokasi Wisata Petik Apel Batu adalah Kusuma Agrowisata Batu. Lokasi ini menjadi pelopor agrowisata di Indonesia yang juga menyediakan fasilitas penginapan berupa hotel bagi wisatawan yang ingin berlama-lama di kota ini.

Baca Obyek wisata lainnya:
– Wisata Eco Green Park Batu
– Taman Wisata Selecta Batu

Lokasi Wisata Apel Batu Malang
Obyek wisata yang berhawa sejuk dan berlokasi di ketinggian lebih kurang 1000 meter dari permukaan laut ini menyediakan layanan wisata petik buah, dan salah satunya adalah buah Apel. Jika belum jelas dengan lokasinya, kalian bisa cari di Google Maps Jalan Abdul Gani Atas yang merupakan lokasi Kusuma Agro wisata Batu.

Kegiatan di Wisata Petik Apel Batu Malang:

  1. Wisata petik
    Sebagai pengunjung kalian akan leluasa memanen sendiri buah apel dari pohonnya. Karena fisik pohon yang tidak terlalu tinggi, kalian bisa mudah menjangkaunya. Umumnya, buah apel yang ada di perkebunan tersebut adalah buah apel Manalagi yang tahan hingga 1 bulan dengan warna dominan hijau, keras dan sedikit asam. Apel jenis kedua adalah apel Rome Beaty yang juga didominasi warna hijau namun ada sedikit sembulan warna merah. Apel inilah yang biasa dipakai untuk sari apel.
  2. Wahana outbond seperti war Game, mengendarai ATV, Flying fox. Mengajak anak berwisata sambil memainkan permainan yang seru tersebut akan sangat menyenangkan.

Rute menuju wisata petik apel Batu
Agrowisata Petik Apel Batu Malang yang satu ini tidak terlalu jauh dari Jatim Park 2. Cara menjangkaunya juga cukup mudah. Dari terminal kota Malang, kalian hanya perlu waktu 40 menit untuk sampai di tujuan. Akses ke lokasi ini sama dengan ketika kalian menuju Batu Secret Zoo. Bedanya, saat sampai di pertigaan Karangploso, ambil jalan terus hingga sampai di jalan satu arah. Di sudut jalan ada kantor Koramil. Di sepanjang jalan kita akan menemukan jalan tanjakan dan kantor pemerintahan kota Batu. Jalan lurus sampai pertigaan, belok kiri, itulah jalan menuju lokasi wisata Kusuma Agrowisata, wisata petik apel Batu, Malang.

Paket Wisata Apel Batu Malang
Ada lima paket wisata dengan tarif berbeda-beda. Paling murah adalah 32.000,00 sedangkan paling mahal adalah 42.000,00. Biaya tersebut termasuk tiket masuk, biaya petik apel, serta berbagai macam makanan dan minuman yang didapatkan selama kunjungan. Untuk menikmati perkebunan, kita tidak bisa menggunakan mobil wisata melainkan harus membayar 10.000,00 per orang.

Menariknya lagi, perjalanan kalian akan semakin sempurna karena didampingi oleh pemandu wisata. Mereka akan menjelaskan sejelas-jelasnya hal-hal yang berkaitan dengan apel utamanya cara budi daya apel agar sukses dan berhasil panen. Setelah puas berjalan-jalan di kebun apel, kalian bisa menikmati serunya kebun buah lain yang berada di lokasi ini seperti jambu dan si asam manis, strawberry.

Lelah berkeliling dan ingin mengisi perut dengan menu super lezat di lokasi ini, kalian bisa datang ke Apple House yang menyediakan makanan dengan bahan baku apel, sebut saja Apple beef steek, mie goreng sarang Apel, Apple Sunrise dan juga Apple Squash. Mau yang mana tinggal pilih saja.

Agrowisata Petik Apel Batu Malang

Cukup menarik bukan, ? Oleh karena itu agrowisata Petik Apel Batu Malang adalah tempat wisata yang wajib anda kunjungi selama liburan di Malang. Selamat mencoba.